Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)
Penyuapan (Suap) adalah tindakan memberikan uang, barang atau bentuk lain dari pembalasan dari pemberi usap kepada penerima suap yang dilakukan untuk mengubah sikap penerima atas suatu kepentingan. Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) - SNI ISO 37001: 2016, Berdasarkan Inpres No.10 tahun 2016 dapat membantu organisasi mengendalikan praktek penyuapan dengan cara mencegah, mendeteksi, melaporkan dan menangani penyuapan. SMAP – SNI ISO 37001:2016 juga dapat digunakan untuk menanamkan budaya anti-suap dalam sebuah organisasi/institusi negara maupun swasta dan dapat mendeteksi potensi penyuapan, sehingga organisasi/institusii bisa melakukan pencegahan sejak dini. Saat ini Cogindo sedang membangun SMAP SNI ISO 37001: 2016 agar penerapan Good Corporate Governance di Cogindo semakin lebih baik lagi.
Ada 4 (Empat) alasan mengapa suatu perusahaan perlu menerapkan SMAP SNI ISO 37001: 2016:
1. Sebagai Tanggung Jawab Perusahaan
Perusahaan bertanggung jawab atas proses bisnisnya sendiri, untuk itu Cogindo harus memastikan bahwa semua proses bisnis dilakukan dengan cara yang benar sambil secara bersamaan memastikan kesejahteraan karyawannya. Kehadiran SMAP sangat membantu, sehingga Cogindo dapat menghindari tuduhan suap yang disengaja.
2. Kepatuhan Terhadap Peraturan
Kepatuhan terhadap peraturan meningkatkan reputasi dan kredibilitas perusahaan dan juga membuka peluang lebih besar untuk mengembangkan bisnis. Salah satu cara untuk membuktikan kepatuhan perusahaan adalah dengan mengambil sertifikasi ISO. Untuk sistem manajemen anti-penyuapan, ISO memberi kita ISO 37001:2016.
3. Kontrol Pengukuran
Kontrol pengukuran dan indikator yang disediakan oleh Sistem Manajemen Anti Penyuapan membuat Cogindo lebih mudah untuk mendeteksi perilaku yang tidak pantas, sehingga kerugian dapat dilacak karena adanya standar yang tepat untuk dipatuhi
4. Komitmen Terhadap Integritas.
Dengan menerapkan sistem manajemen anti-penyuapan menunjukan bahwa Cogindo memiliki komitmen terhadap integritas dan dapat menjadi mitra yang dapat dipercara, loyal, dan dapat diandalkan. Perusahaan dengan integritas tinggi memiliki peluang lebih besar untuk tumbuh dan bekerja sama dengan entitas lain.
Kebijakan Sistem Manajemen Perusahaan