Kami adalah Cogindo, Penyedia Solusi Energi Tepercaya
Berawal dari sebuah tekad untuk menjadi pionir pengembangan bisnis Cogeneration, Distributed Generation, serta pengelolaan Captive Power yang optimal di wilayah Indonesia, PT Cogindo DayaBersama atau disebut juga Cogindo, didirikan pada tanggal 15 April 1998. Cogindo merupakan anak perusahaan PT Indonesia Power (Pemegang Saham Utama dengan porsi saham 99,9%) dan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Pegawai (YPK) PT Indonesia Power (memiliki 0.01% saham)
Berkiprah lebih dari 2 (dua) dekade, Cogindo, salah satu Anak Perusahaan PT Indonesia Power, semakin matang dan memantapkan diri sebagai perusahaan Energy Solution Provider tepercaya dengan menawarkan Jasa layanan Operasi dan Pemeliharaan (O&M); Jasa Maintenance, Repair and Overhaul (MRO); Penyediaan Energi Listrik; Jasa Gas & Diesel Engine Services dan Energi Baru Terbarukan; serta Jasa Konstruksi Pembangkit.
Cogindo meraih penghargaan The Best O&M Company dalam ajang Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2018, sebuah penghargaan bergengsi di bidang ketenagalistrikan di Indonesia. Penghargaan ini merupakan wujud atas kinerja, kompetensi, dan keunggulan Cogindo dalam pengelolaan Jasa Operasi dan Pemeliharaan berbagai jenis pembangkit.
Hingga saat ini, kami telah berkembang pesat dan menyebar hampir di seluruh wilayah kepulauan Indonesia, serta menjadi salah satu perusahaan mitra terpercaya dalam industri pembangkitan tenaga listrik. Kesuksesan ini terus bertambah dengan adanya pengembangan bisnis internasional yang salah satunya dilakukan bersama negara Kuwait. Berbagai pencapaian ini tidak lepas dari upaya kami untuk melebarkan usaha bisnis di kancah internasional serta menjadi perusahaan yang andal dalam penyediaan Layanan Solusi Energi Terintegrasi di Asia.
Setiap tahunnya, kami berkomitmen untuk menjadi perusahaan terpercaya dalam industri pembangkitan tenaga listrik yang mengacu ke masa depan, dan semakin kokoh mendukung bisnis Indonesia Power dan PLN Group untuk memajukan sektor ketenagalistrikan nasional dan siap mengambil peran di masa depan untuk menjadi Penyedia Solusi Energi Terpecaya di Asia.



Cogindo
Jejak Langkah
Berdiri Menjadi Solusi
Cogindo berdiri pada 15 April 1998 dengan tekad untuk menjadi pionir bisnis Cogeneration, Distributed Generation, serta pengelolaan Captive Power yang optimal di wilayah Indonesia.
Kami Mulai Tumbuh dan Bercahaya
Pertumbuhan usaha yang dicapai tergolong tinggi dengan terjadinya peningkatan penjualan. Menyusun organisasi bisnis untuk menyandingkan kompetensi dengan speisalisasinya. Kelak dikenal sebagai Bisnis Inti yaitu Energi Suplai, Jasa O&M, Energy Eciency Assesment, dan Bisnis Non Inti yaitu: Suplai Batu Bara, Suplai Suku Cadang Pembangkit, sebagai penunjang.
Tingkat keandalan setiap pembangkit dan ketersediaan (EAF) adalah salah satu kunci pelayanan kepada pelanggan PT Cogindo DayaBersama, dan meningkat hingga 93%. Terjadi pada proyek-proyek Jasa O&M seperti PLTG GE Frame 7 Caltex, PLTD Rental Darat diluar overhaul, PLTD Apung Pontianak, BNR Cogeneration Plant, dan Suralaya Audit Energi PLTU Surayala Unit 1-4.
Semakin Besar Kami Tumbuh, Semakin Besar Angin Menerpa
Peningkatan usaha naik sebesar 20.08&, begitu pun laba bersih 26,28%, menciptakan situasi yang agak nyaman. Kenyataan yang nyaman itu di justidfikasi oleh SK Menteri BUMN yang menilai bahwa dari aspek keuangan PT Cogindo DayaBersama diklasifikasikan sebagai perusahaan sehat, dan dari aspek operasional diklasikasikan sebagai Berpotensi Tinggi Untuk Tumbuh.
Semakin Besar Kami Tumbuh, Semakin Besar Angin Menerpa
Memiliki keunggulan komparatif dari segi pemegang saham tetapi keunggulan ini tidak cukup dalam menghadapi persaingan bisnis. Perusahaan mengusahakan mempertajam kenggulan lain seperti meningkatkan kesiapan SDM dan Finansial. Pegawai pada tahun 2002 ini meningkat hampir dua kali.
Semakin Besar Kami Tumbuh, Semakin Besar Angin Menerpa
Melengkapi organisasi, menyusun visi dan misi. Visi: Menjadi perusahaan publik terkemuka bidang Operasi dan Pemeliharaan (O&M) pembangkit dan suplai energi listrik di kawasan Asia Tenggara. Misi: Melakukan usaha di bidang suplai energi dan jasa Operasi dan Pemeliharaan (O&M) sesuai kaidah bisnis yang sehat dengan kualitas kelas dunia dan menjaga kelestarian lingkungan.
Semakin Besar Kami Tumbuh, Semakin Besar Angin Menerpa
Untuk pertamakalinya mengalami kerugian hingga Rp 9,947 miliar, beberapa penyebab derita di tahun ini adalah tidak terealisasinya proyek-proyek dalam RKAP. Meski mendertia kerugian, perseroan berhasil meletakkan fondasi bagi peningkatan kerja untuk tahun berikutnya.
Optimisme dan Kerja Kami Untuk Bangkit
Catatan prestasi dengan capaian nilai kerja 72,60 yang mengklasikasikan bahwa Cogindo merupakan perusahaan yang sehat “A”, meskipun naiknya harga minyak dunia yang menyebabkan pula naiknya tarif BBM dalam negeri.
Optimisme dan Kerja Kami Untuk Bangkit
Melancarkan 4 strategi yaitu: Strategi Pengembangan Usaha yaitu meningkatkan awareness dan menjadi kemitraan dengan perusahaan daerah dan swasta. Strategi Operasional, optimalisasi porduksi dan mempertajam kajian teknis operasional harian. Strategi Organisasi & SDM, peningkatan kualitas, penerapan sistem reward, peraturan umum kepegawaian, mempersiapkan GCG. Strategi Keuangan, meningkatkan return proyek, organisasi sumber dana kompetitif, dan efisiensi pendanaan.
Optimisme dan Kerja Kami Untuk Bangkit
Visi dan Misi sudah membumi. Kini perlengkapan organisasi bertambah dengan GCG. Pada prinsipnya GCG adalah praktek-praktek perusahaan internal dan eksternal yang berpegang kepada transparansi, pengungkapan, kemandirian, akuntabilitas, kejujuran, dan tanggung jawab.
Kami Siap Menghadapi Tantangan di Masa Depan
tahun ini Realisasi Produktivitas Pegawai per Desember 2008 naik sebesar 225,99% dari RKAP-nya. Jumlah pegawai saat ini 48 orang. Realisasi HOT adalah 4,54 HOT/Pegawai atau mendekati RKAP yang 5%. Realisasi sosialisasi GCG yang meliputi Code of GCG, Board Manual dan Code of Conduct
Kami Siap Menghadapi Tantangan di Masa Depan
Pada saat bersamaan dengan strategi-strategi yang menekankan insiatif-inisiatif ini tersusun, personalia pengurus perusahaan juga disusun ulang. Kini terdapat 3 Direktur, 3 Komisaris, 6 manajer divisi, 3 manajer unit dengan jumlah pegawai keseluruhan 48 orang.
Pengukuhan Komitmen Kami Untuk Negeri
Tahun ini ditandai dengan pencapaian tingkat kesehatan Cogindo yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yaitu pencapaian angka kinerja 94,50 dengan klasifikasi AA. Pendapatan usaha mengalami pertumbuhan yang signifikan, bahkan melampaui target yang telah dicanangkan dalam RKAP. Pengembangan usaha pada bidang Jasa O&M melalui Jasa O&M Supporting PLTU Banten 2 Labuan, dan 2 x 300 MW PT Indonesia Power UJP PLTU Labuan. Peresmian pembangkit berbahan bakar MFO dengan kapasitas 44,6 MW di Balikpapan, Kalimantan Timur.
Pengukuhan Komitmen Kami Untuk Negeri
Tahun ini tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, kembali mencatat kualifikasi AA-Sehat tetapi dengan perbaikan pada Total aspek Keuangan dan Total Aspek Administrasi. Ketiga peforma yang mendapat penilaian Kementrian BUMN masing-masing berbobot 50,35, dan 15
Kami Terus Berkembang Untuk Menjadi Yang Terbaik
Pengembangan usaha di bidang Jasa Maintenance Repair & Overhaul (MRO) dilakukan melalui Jasa Inspection Turbine dan Auxiliary PLTU Unit 2, PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumbangsel Sektor Pembangkitan Ombilin.
Kami Terus Berkembang Untuk Menjadi Yang Terbaik
Pada tahun ini, Cogindo sudah mulai melakukan pengembangan bisnis pada bidang Trading dan juga pengembangan bisnis pada bidang Stockist.
Kami Terus Berkembang Untuk Menjadi Yang Terbaik
Cogindo melakukan peningkatan kompetensi bidang pembangkitan peserta didik sekolah menengah kejuruan melalui program IP Pintar. Cogindo menjajaki bisnis MRO melalui kerjasama dengan empat workshop kompeten.
Melebarkan Sayap Untuk Terbang Lebih Tinggi
Cogindo meresmikan pusat pengembangan Jasa O&M yang memiliki fasilitas Ruang Simulator Central Control Room (CCR) Pembangkit dan Asset Management Center & Engine Support (ACE). Cogindo menunjukan prestasinya sebagai The Best O&M Company dalam Penghargaan Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2018.
Melebarkan Sayap Untuk Terbang Lebih Tinggi
Perluasan network dengan berbagai mitra strategis untuk mengembangkan layanan bisnis perusahaan melalui kerjasama nasional dengan ISS untuk industrial cleaning ataupun internasional dengan KLES Korea, Atwaar.
Engineering Saudi Arabia, NAPCO Kuwait, EVN NPS Vietnam, Multi Dinamika Kencana, TUV SUD Indoensia, Automasi dan Repair Motor Listrik dengan ABB, IHI Corporation, Max Power, dan Pilar. Inisiasi pembangunan proyek PLTMG Baloi 30 MW dengan Maxpower Indonesia dan penyediaan layanan energi Listrik Super Ultima.
Melebarkan Sayap Untuk Terbang Lebih Tinggi
Mencanangkan target Cogindo 4Go (Go1414, Gope, Go International, GO Great). Menerapkan Global Colaboration. Pencapaian kinerja perusahaan pada kepuasan pelanggan sesuai dengan target yaitu 82% pada Jasa O&M, dan 92% pada MRO. EAF PLTD Batakan yang melebihi target dengan nilai sebesar 98.93%. Penambahan bisnis baru di luar PLN (Persero) group sebanyak 2. Nilai Human Capital Readiness melebih target sebesar 3.9, Organizational Capital Readiness melebihi target sebesar 3.9. Inisiasi project Kuwait, pengoprasian MPP Nias, Pengoprasian Kalbar-1. Cogindo mendapatkan beberapa penghargaan seperti The Best Business Strategy & Digital Marketing Team 2020 oleh 2020 Digital Marketing & Human Capital Awards, penghargaan Zero Accident.
Melebarkan Sayap Untuk Terbang Lebih Tinggi
Pada tahun ini Cogindo meluncurkan Mobile Workshop yang berlokasi di Sunyaragi, Cirebon Jawa Barat. Memiliki Card Control Workshop yang berlokasi di Kantor Pusat PT. Cogindo DayaBersama. Contract Signing Ceremony antara Ministry of Electricity & Water dan Cogindo serta NAPCO. Peluncuran Katalog Produk Cogindo tahun 2021, ikut serta dalam mendukung dan menjaga kelistrikan di PON XX Papua.
Cogindo juga melakukan Project Relokasi PLTD Batakan ke Tenau, Project PLTMG Baloi 30 MW, Project O&M PLTP 3 MW BPPT. Melakukan kerjasama dengan Wartsila, mendapatkan sertikasi SMAP ISO 37001, REOC Sumatra Selatan.
Cogindo mendapatkan beberapa penghargaan seperti Penghargaan PLN Regional untuk PLTP Ulumbu, Risk Oficer Terbaik ke-3. 3 Star Safety Culture Program oleh World Safety Organization (WSO), Annual Report Gold Award oleh 2020 Vision Awards.



















